Setiap kali berencana untuk memasang iklan di surat kabar, saya sarankan untuk memastikan anda telah menjawab isu-isu kunci. Hal ini perlu dilakukan agar menjamin iklan yang anda buat di surat kabar benar-benar bekerja dengan efektif. Isu-isu yang dibahas dalam bab ini sebagai berikut :

  1. Tentukan pesan apa yang ingin anda sampaikan.
  2. Buat iklan yang sederhana, rapi, dan mudah dibaca.
  3. Buat iklan anda tampil menonjol.
  4. Penempatan sangatlah penting.
  5. Hitam-putih, berwarna, atau warna khusus.
  6. Orang yang berbeda membaca bagian surat kabar yang berbeda.
  7. Ukuran memang menentukan.
  8. Anda membayar untuk mendapatkan lebih banyak pembaca.
  9. Sisipan surat kabar—efekbesar tapi pilih waktu yang tepat.
  10. Bangun kredibilitas melalui iklan surat kabar.
  11. Jangan memrehkan pengaruh ikaln baris.

 

  1. Tentukan pesan apa yang ingin anda sampaikan.

Pesan tersebut mencakup hal-hal seperti ; apa saja produk dan jasa yang ingin anda jual atau promosikan, mengapa konsumen harus membeli produk atau jasa anda, kapan mereka harus membelinya, dan bagaimana mereka harus membelinya. Ini adalah “siapa, apa, kapan, dan mengapa” dalam mengembangkan sebuah iklan. Pertanyaan yang harus dipikirkan sebagai berikut:

  • Apa tepatnya yang inign anda raih dari iklan ini?

Sangat sulit untuk mengetahui apa persisnya hasil yang akan di dapat dari iklan, tapi wajar untuk berasumsi bahwa minimal anda ingin menutup biaya yang dikeluarkan untuk memasang iklan.

  • Mengapa Konsumen harus membeli produk atau jasa yang anda iklankan?

Penting untuk memberitahukan kepada para pembaca mengapa mereka harus membeli produk atau jasa anda, seperti harga khusus, produk baru, ketersediaan yang terbatas, atau kombinasi antara ketiganya.

  • Kapan konsumen harus membeli produk atau jasa anda iklankan?
  • Bagaimana cara konsumen bias membeli produk atau jasa yang akan anda iklankan?

Misalnya, apakah mereka harus dating ke took anda atau apakah mereka bias membeli secara online.

2. Buat iklan yang sederhana, rapi, dan mudah dibaca

Kesalahan paling umum yang ditemukan dalam banyak iklan di surat kabar adalah isinya terlalu ramai, menyajikalan terlalu banyak indormasi, sehingga membuat pembaca bingung terhadap pesan yang ingin disampaikan.

Iklan yang paling menarik perhatian cenderung memiliki judul yang mencolok dengan banyak ruang putih di sekitarnya, tidak berantakan, mudah dibaca dan berisi pesan yang sederhana.

Iklan tersebut emiliki format ‘siapa, apa, dan bagaimana’, dan mempermudah pembaca untuk sekilas iklan itu dan langsung mengambil keputusan tertentu.

Kesalahan umum lainnya dalam iklan cetak adalah penggunaan terlalu banyak jenis font yang berbeda. Seharusnya dalam tulisan hanya menggunakan 2 atau 3 jenis font saja.terlalu banyak jenis tulisan membuat iklan sulit dibaca dan memberi kesan amatir. Jenis tulisan yang dirancang seperti tulisan tangan  seringkali sulit dibaca sehingga bias dilewati oleh pembaca.

 

Pin It on Pinterest

Share This