Mungkin ini adalah pertanyaan yang paling umum saya dengar dan ini adalah pertanyaan yang bagus. Selama bertahun-tahun saya telah membaca fakta, angka dan opini tentang berapa seharusnya dikeluarkan bisnis untuk pemasaran, yang mencakupiklan dan materi promosi. Saya pribadi berpikir bahwa tidak ada angka pasti yang bias diberikan. Hal ini tergantung dari beberapa isu.

Cara termudah untuk menyimpulkan beberapa pengeluaran untuk iklan yang perlu anda anggarkan itu sangat berhubungan dengan berapa banyak bisnis baru yang di inginkan. Jika bisnis anda sedang dalam tahap pertumbuhan, tentu saja anda perlu lebih banyak beriklan. Jika bisnis anda mampu menangani jauh lebih banyak konsumen dengan sedikit perubahan operasional, anda lebih perlu banyak beriklan. Jika anda ingin mengonsolidasikan bisnis anda setelah mengalami lonjakan pertumbuhan, anda perlu mengurangi iklan. Rekomendasi perkiraan saya adalah untuk bisnis yang sedang dalam tahap pertumbuhan, anggaran 10% dari omzer dan untuk bisnis yang dalam tahap konsolidasi anggarannya adalah 5% dari omzet.

Jika anda merasa tidak sanggup memasang iklan, mungkin anda perlu meninjau harga produk atau jasa anda. Iklan adalah pengeluaran bisnis yang normal dan seharusnya dimasukkan saat anda merencanakan anggaran tahunan.

Pin It on Pinterest

Share This