1. Mengurangi rasa malu

Untuk berbisnis harus mengurangi rasa malu. Rasa malu adalah persoalan yang berat. Apabila seorang pebisnis tidak bisa mengurangi rasa malunya maka bisnisnya akan berhenti. Masalah malu adalah masalah mental, yang solusinya adalah pada mental pebisnis itu sendiri yaitu ; harus kuat, tabah, tegar, tahan banting, dan terus maju. Malu yang harus dikurangi adalah malu untuk menawarkan barang atau jasa, malu untuk bertemu, malu karena dianggap sebagai  orang kecil, dan malu meminjam modal. Perasaan malu tersebut bisa dihilangkan dengan cara afirmasi, misalnya, “Bila malu terus akan miskin dan sengsara, maka aku harus berani”

  1. Bisa menjual

Penjualan berhubungan dengan uang yang masuk. Apabila bisnis ingin stabil, maka uang harus senantiasa masuk. Selama mampu menjual tinggi maka uang akan masuk banyak.

Pengusaha harus belajar ilmu penjualan atau ilmu marketing, dengan mampu menerapkan ilmu marketing untuk mencapai penjualan tinggi.

  1. Bisa mencari modal

Modal perusahaan harus terus mengalir masuk. Agar perusahaan dapat berkembang dan stabil ketika pendapatan menurun.

Modal itu ada dua; yang pertama modal tangible yaitu modal yang kelihatan seperti uang, gedung, peralatan. Yang kedua adalah modal intangible yaitu modal yang tidak kelihatan seperti semangat, keberanian, ketekunan, pengalaman yang sifatnya tidak terlihat. Modal intangible lebih penting daripada tangible.

  1. Tepat pada janji

Kepercayaan adalah modal yang paling utama dalam bisnis. Agar bisnis berkesinambungan harus dapat di percaya atau jujur kepada pelanggan atau siapapun. Sekali berbohong orang tidak akan percaya dan semua orang takut berbisnis dengan Anda. Joe Girard, seorang yang jago penjualan dunia, menyatakan “Kejujuran adalah landasan kepercayaan, kepercayaan adalah basis hubungan yang baik, dan hubungan baik adalah medium hunungan bisnis yang langgeng”

  1. Jangan cengeng

Bob sadino menyatakan bahwa syarat bisnis adalah “Jangan cengeng”. Perilaku yang terus menerus mengeluh itu dinamakan cengeng. Dalam prakteknya bisnis apapun akan banyak masalah. Setiap masalah seharusnya disikapi dengan dorongan untuk lebih baik, dan semangat tinggi untuk lebih unggul dari para pesaing.

 

Pin It on Pinterest

Share This